Tupoksi

tugas dan fungsi sekretaris dan masing-masing bidang

  • Sekertariat

 

Sekertariat mempunyai tugas menyelenggarakan administrasi Umum, Kepegawaian, Keuangan dan aset, perencanaan dan pelaporan dinas. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana di maksud sekretaris   mempunyai fungsi :

  1. pengelolaan urusan Administrasi Umum;
  2. Pengelolaan urusan Kepegawaian;
  3. Pengelolaan urusan Keuangan dan Asset;
  4. Pengelolaan Perencanaan dan pelaporan Dinas.

Sekertariat terdiri dari :

 

  • Sub Bagian Umum/kepegawaian

 

Sub Bagian Umum mempunyai tugas melaksanakan urusan surat menyurat, kearsipan, ekspedisi, perjalanan dinas, peralatan dan perlengkapan kantor serta pengelolaan administrasi kepegawaian.

  • Sub Bagian Keuangan.

 

Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas melaksanakan administrasi keuangan dan asset meliputi penyusunan anggaran, pembukuan, pertanggung jawaban serta laporan Keuangan dan aset;

  • Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan

 

Sub Bagian Perencanaan dan pelaporan mempunyai tugas menyusun rencana dan program, melaksanakan monitoring dan evaluasi serta membuat laporan pelaksanaan kegiatan Dinas.

  • Bidang Pendaftaran, Pendataan dan Dokumentasi

 

Bidang Pendaftaran dan pendataan mempunyai tugas melaksanakan kegiatan pendaftaran, pendataan wajib pajak dan wajib Retribusi.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang   pendaftaran dan pendataan mempunyai fungsi:

  • Melakukan Pendaftaran dan pendataan wajib pajak dan wajib Retribusi;
  • Pelaksanaan Dokumentasi dan pengelolaan data wajib pajak dan  wajib Retribusi;
  • Penyusunan Daftar wajib Pajak Wajib Retribusi;
  • Melaksanakan Pendaftaran dan Pendataan Pajak Bumi dan Bangunan dan BPHTB.

Bidang Pendaftaran dan Pendataan terdiri dari :

 

  • Seksi pendaftaran dan Pendapatan.

 

Seksi pendaftaran dan pendataan mempunyai tugas mencatat nama, alamat, objek dan subjek calon wajib pajak dan wajib Retribusi serta pemeriksa lapangan/ lokasi.

  • Seksi Dokumentasi dan pengolahan Data.

 

Seksi Dokumentasi dan pengolahan data mempunyai tugas membuat dan memelihara Daftar Induk Wajib pajak dan wajib Retribusi, memberikan kartu pengenal  Nomor Pokok wajib pajak Retribusi Daerah Kepada wajib Retribusi serta penyimpanan Surat perpajakan dan Retribusi Daerah.

  • Bidang Penetapan

 

Bidang Penetapan mempunyai tugas melaksanakan penghitungan dan penetapan besar dan jumlah pajak daerah dan Retribusi Daerah.

Untuk melaksanakan tugas sebagai mana dimaksud diatas, Bidang Penetapan mempunyai Fungsi:

  • Pelaksanaan perhitungan dan penetapan besar dan jumlah pajak dan Retribusi Daerah.
  • Penetapan jumlah angsuran pajak  Daerah dan Retribusi Daerah; dan
  • Pengkajian keberatan atas penetapan besarnya jumlah pajak dan Retribusi Daerah.

Bidang penetapan terdiri dari :

 

  • Seksi Angsuran dan Keberatan.

 

Seksi Angsuran dan keberatan mempunyai tugas melaksanakan perhitungan jumlah Angsuran Pajak dan Retribusi Daerah.

  • Seksi Perhitungan dan Penetapan.

 

Seksi perhitungan dan penetapan mempunyai tugas melaksanakan perhitungan dan menetapkan pajak daerah dan Retribusi Daerah serta membuat dan menertibkan surat ketetapan pajak daerah dan surat ketetapan Retribusi Daerah.

  • Bidang Penagihan dan Pembukuan

 

  1. Penagihan mempunyai tugas melaksanakan Penagihan Pajak Daerah, Retribusi Daerah sertasumber penerimaan lainnya.
  2. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat 1 Bidang Penagihan mempunyai fungsi :
    1. Pelaksanaan Penagihan Pajak Daerah, Retribusi Daerah dan Sumber Penerimaan lainnya.
    2. Pengumpulan dan mengelola data sumber-sumber penerimaan lainnya diluar Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Bidang Pengihan terdiri dari :

 

  • Seksi Penagihan.

 

Seksi Penagihan mempunyai tugas melaksanakan penagihan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

  • Seksi Pembukuan Peneriman & Tunggakan

 

Seksi Pembukuan Penerimaan dan Tunggakan Mempunyai tugas yaitu :

  1. Menghimpun surat keterangan pajak daerah dan retribusi daerah dan surat laporan pajak daerah dan /retribusi daerah.
  2. Mencetak/print out hasil penerimaan harian pajak daerah dan retribusi daerah
  3. Mencocokan surat ketetapan pajak daerah dan retribusi daerah dengan bukti surat setoran pajak daerah dan retribusi daerah.
  4. Membukukan penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah
  5. Membukukan/menghitung penerimaan tunggakan pajak daerah dan retribusi daerah
  6. Membukukan/menghitung tunggakan pajak daerah dan retribusi daerah
  7. Melaporkan hasil pemberitahuan tunggakan pajak daerah dan retribusi daerah dan tunggakan kepada atasan
  8. Mengkoordinasi / rekonsiliasi penerimaan tunggakan dan tunggakan pajak daerah dan retribusi daerah dengan instansi/bidang terkait.
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atas

 

  • Seksi Pelaporan

 

Seksi Pelaporan mempunyai tugas yaitu:

          1. Membukukan/mencatat transaksi penerimaan pajak daerah, retribusi daerah dan penerimaan lain-lain berdasarkan bukti penerimaan dari Bank Persepsi dan instansi tekait;
          2. Mengetik dan mencetak/print out hasil penerimaan PAD, PBB maupun penerimaan lainnya berdasarkan bukti penerimaan dari Bank Persepsi maupun instansi terkait;
          3. Membukukan dan menanda laporan penerimaan PBB ke dalam DHKP Wilayah Abepura dan Wilayah Pedesaan;
          4. Mencocokan Bukti Surat Tanda Setoran (STS) penerimaan PAD ke Kasda (Bank Papua) via BKP dan BPKD;
          5. Mencocokan dan mengumpulkan Bukti Surat Setoran PPJU via Kasda (Bank Papua) dengan Kantor PLN;
          6. Menginput hasil realisasi penerimaan PPJU ke dalam laporan penerimaan PAD berdasarkan Bukti Penyetoran via Kasda (Bank Papua)
          7. Melaporkan hasil realisasi penerimaan PAD, PBB maupun penerimaan lainnya kepada Atasan secara rutin sesuai data penerimaan yang masuk dari Bank Persepsi maupun instansi terkait;
          8. Mengirim Laporan Hasil Realisasi Penerimaan PAD, PBB maupun Penerimaan lainnya kepada Walikota Jayapura maupun Instansi terkait secara bulanan.
          9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Atasan.
          10. Menyusun langkah-langkah kegiatan seksi pembukuan pelaporan berdasarkan rencana dan program kerja.
          11. Membagi tugas dan memberi petunjuk pelaksana kerja bawahan sesuai dengan tugas yang diberikan masing-masing.
          12. Memeriksa dan mengecek hasil kerja bawahan.
          13. Mengoreksi laporan bulanan penerimaan PAD berdasarkan bukti penerimaan dari Bank Persepsi dan instansi terkait.
          14. Mengoreksi konsep laporan bulanan penerimaan dari Bank Persepsi.
          15. Mengkonsep surat dan naskah dinas lainnya ditujukan ke seksi pelaporan
          16. Mengkoordinasikan hasil laporan dan mengirim laporan penerimaan PAD, PBB maupun penerimaan lain-lain yang sah kepada Dinas/Instansi terkait.
          17. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Atasan.
          18. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Atasan
  • Bidang PBB dan BPHTB

 

    1. PBB dan BPHTB mempunyai tugas melaksanakan sistem dan prosedur pemungutan BPHTB dan mengumpulkan dan mengelola data PBB sebagai penerimaan lainnya di luar pajak dan retribusi daerah.

Bidang PBB dan BPHTB terdiri dari :

 

  • Seksi  Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

 

            1. Mengumpulkan dan mengelola data PBB sebagai penerimaan lainnya diluar pajak dan retribusi pajak
            2. Melaksanakan penagihan atas tunggakan-tunggakkan pungutan pendapatan daerah lainnya sesuai dengan informasi yang diperoleh dari dinas-dinas /instansi yang bersangkutan.
            3. Melaksanakan penagihan PBB dan tunggakkannya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
            4. Melakukan pembinaan teknis administrasi dibidang pungutan penerimaan pendapatan daerah lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, kepada dinas-dinas/instansi yang melaksanakan pungutan/penagihan pendapatan lain-lain.
            5. Menyusun / membuat daftar realisasi penerimaan dari hasil penerimaan lain-lain atas dasar laporan bulanan/berkala yang diterima dari dinas-dinas/instansi yang menyelenggarakan pungutan.
            6. Melakukan pencatatan mengenai penetapan dan penerimaan dari pemungutan/pembayaran/ penyetoran PBB ke dalam daftar himpunan ketetapan pajak (DHKP)
            7. Menyiapkan laporan realisasi penerimaan dan tunggakan pemungutan/pembayaran/penyetoran PBB secara bulanan, triwulan dan tahunan.
            8. Mencatat penerimaan / pembayaran / penyetoran PBB serta perhitungan tunggakannya.

 

 

  • Seksi Bea Perolehan Hak atas Tanah & Bangunan (BPHTB)

 

  1. Melaksanakan sistem dan prosedur pungutan BPHTB dan mengelola data BPHTB sebagai penerimaan dan melaporkan BPHTB sebagai pajak daerah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  2. Melakukan perhitungan penetapan BPHTB terutang dan menerbitkan SSPD BPHTB untuk dibayar.
  3. Melakukan penelitian /verifikasi SSPD BPHTB atas kebenaran dan kelengkapan dokumen / persyaratan pendukung yang dilampirkan oleh wajib pajak.
  4. Melakukan kegiatan penagihan pajak daerah BPHTB SKPDKB / SKPDKBT, keringanan, pengurangan, keberatan, banding, pembebasan piutang, surat teguran dan sanksi administrasi yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan daerah.
  5. Menyiapkan laporan realisasi penerimaan BPHTB berdasarkan data dan laporan dari pihak-pihak lain yang ditunjuk melaksanakan monitoring dan pengendalian pelaksanaan pemungutan.
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.