banner 468x60

Bapenda Kota Jayapura optimis capai target PAD 2021

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sekretaris Badan Pendapatan Daerah Kota Jayapura, Provinsi Papua, Ali Mas’udi, mengaku optimis bisa mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2021 meski hingga kini pandemi Covid-19 masih belum ada tanda-tanda mereda.

“Target kami Rp215 miliar lebih, karena pada 2020 kami bisa over target,” ujar Ali di Kantor Badan Pendapatan Daerah Kota Jayapura, Papua, Selasa (12/1/2021).

Dijelaskan Ali, komponen pendapatan tersebut terdiri dari empat jenis, yaitu pajak daerah, retribusi daerah, penerimaan kekayaan yang dipisahkan, dan pendapatan lain-lain.

“Yang paling dominan adalah Pendapatan Asli Daerah diperoleh dari pajak daerah sebesar Rp183 miliar atau 83 persen dari target. Sedangkan lainnya diperoleh dari retribusi,” ujar Ali.

Dari pajak tersebut, lanjut Ali, ada 11 jenis yang dipungut, namun baru 10 yang dioptimalkan. Dari 10 jenis pemungutan pajak ini, yang menjadi primadona adalah pajak restoran yang ditargetkan Rp 46 miliar, pajak hotel Rp 31 miliar, PBHTB, PBB, dan reklame.

“Upaya dari Bapenda untuk mencapai target PAD, yaitu mengacu pada kebijakan ekonomi dan kesehatan harus jalan. Artinya, pemerintah harus mengambil kebijakan antara aspek kesehatan dan aspek ekonomi di masa pandemi Covid-19 ini. Atas dasar ini, makanya penerimaan PAD 2020 kami surplus Rp 20,5 miliar,” ujar Ali.

Ali menambahkan, agar bisa mencapai target Pendapatan Asli Daerah tahun 2021, Bapenda Kota Jayapura gencar melakukan sosialisasi kepada wajib pajak di ibukota Provinsi Papua tersebut, mengoptimalkan pamungutan retribusi secara online maupun offline, hingga jemput bola atau mendatangi langsung para wajib pajak.

“Jumlah wajib pajak ada 6 ribu yang aktif mengurus fiskal, wajib pajak aktif ada 8 ribu (wajib pajak perizinan), wajib pajak bumi dan bangunan ada 50 ribu lebih,” ujar Ali.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan petugas Bapenda harus menerapkan sistem pengawasan secara ketat, transparan, cepat, dan tepat baik secara online dan offline agar bisa mencapai target bahkan melewati target.

“Petugas pemungut pajak agar meningkatkan pelayanan, berkoordinasi dengan wajib pajak supaya tepat waktu membayar pajak, dan tidak menyalahgunakan jabatan untuk merugikan para wajib pajak,” ujar Tomi Mano.

Tomi Mano mengharapkan, meski sedang pandemi Covid-19, PAD di Kota Jayapura bisa mencapai target agar bisa meningkatkan pelayanan, di antaranya pembangunan infrastruktur, karena pajak dari rakyat untuk rakyat. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Sumber:https://jubi.co.id/papua-bapenda-jayapura-optimis-capai-target-pad-2021/
author
No Response

Leave a reply "Bapenda Kota Jayapura optimis capai target PAD 2021"