banner 468x60

Bapenda Kota Jayapura Dekatkan Pelayanan ke Wajib Pajak

Kota Jayapura – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Jayapura menerapkan jemput bola, untuk pelayanan langsung kepada masyarakat di beberapa titik, guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak dan retribusi daerah.

Beberapa titik yang dijadikan lokasi untuk pelayanan itu, terdapat di Kantor Walikota yang terletak di main hall, kemudian di Kantor Otonom wilayah Kantor Walikota, Kantor Otonom Provinsi Papua dan di Kantor Gubernur Provinsi Papua di Dok II Kota Jayapura.

Kepala Dinas Bapenda Kota Jayapura, Robby Awi menuturkan pelayanan jemput bola dilakukan untuk mempermudah ASN yang mempunyai kesibukan dalam membayar pajak.

“Kami langsung melakukan pelayanan di kantor-kantor, agar ASN dapat membayar pajak dengan cepat, mudah dan tepat waktu,” kata Robby, Selasa, 18 Juni 2019.

Kata Robby, dengan pembayaran pajak dan retribusi daerah, dapat membantu Pemerintah Kota Jayapura membangun infrastruktur jalan, jembatan, air dan penerangan.

Bapenda Kota Jayapura menargetkan PAD tahun ini Rp195 miliar. Sementara untuk penerimaan sampai hari ini sebesar Rp91 miliar lebih. Bapeda setempat mengklaim target PAD yang telah tercapai berasal dari pajak reklame, pajak rumah makan, pajak bumi dan bangunan dari sisi capaian target per bulan.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano hari ini pun telah membayar pajak bumi dan bangunan di Kantor Walikota. Ia mengajak warga Kota Jayapura taat bayar pajak. “Termasuk ASN  harus menjadi contoh taat dalam membayar pajak,” katanya.

Kata Benhur, tahun ini jumlah wajib pajak di Kota Jayapura mencapai 50.325 wajib pajak, dengan jumlah sebesar Rp31 miliar lebih.

Dengan pajak PAD Kota Jayapura tercapai dan sepanjang lima tahun terakhir tingkat kesadaran masyarakat wajib pajak cukup tinggi. Ini membuktikan surplus dari jumlah wajib pajak yang disiapkan melebihi target.

“Kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat asli, lewat ondoafi, kepala suku, dan akhirnya mereka bisa membayar pajak, padahal dulunya mereka menolak,” ujar Benhur. *** (Imelda)

Sumber:https://kabarpapua.co/bapenda-kota-jayapura-dekatkan-pelayanan-ke-wajib-pajak/
author
No Response

Leave a reply "Bapenda Kota Jayapura Dekatkan Pelayanan ke Wajib Pajak"